Sabtu, 25 Oktober 2008

Pelatihan Ketarjihan dan hisab Rukyat

Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah baru-baru ini menyelenggarakan Pelatihan Hisab Rukyat selama 5 hari 4 malam, yaitu pada hari Rabu s.d. Ahad, 25 s.d. 29 Juli 2007 M di Yogyakarta. Pelatihan Hisab Rukyat ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari MTT PW Muhammadiyah se-Jawa, MTT PD Muhammadiyah se-DIY, dan beberapa Perguruan Muhammadiyah serta Ortom yang ditunjuk. Salah satu tujuan diadakannya Pelatihan ini adalah untuk mencetak kader-kader teknis dalam bidang hisab rukyat di kalangan Muhammadiyah.

Dalam kegiatan ini, materi yang disajikan antara lain: Dasar-dasar Ilmu Falak, Hisab Arah Kiblat, Hisab Awal Waktu Shalat, Hisab Awal Bulan Qamariyah, Pengenalan Scientific Calculator dan Perangkat Hisab Rukyat, Teori dan Praktek Rukyat, Pengenalan Software Hisab Rukyat serta Kebijakan Pemerintah dalam Persoalan Hisab Rukyat. Sebagai narasumber/instruktur, selain dari pakar hisab MTT PP Muhammadiyah, seperti Drs. Oman Fathurrohman SW., M.Ag., Dr. H. Susiknan Azhari, M.A. dan Drs. H. Sriyatin Shadiq, S.H., M.A., diundang pula para ahli dari pihak luar, antara lain: Ir. H. Djawahir, M.Sc., Drs. Munthoha, Drs. H. Sofwan Jannah, M.A. dan dari Dirjen Bimas Islam Departemen Agama.

Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.A., Ketua PP Muhammadiyah, dalam Sambutan resmi pada acara pembukaan menyampaikan bahwa Hisab telah menjadi ciri khas bagi Muhammadiyah. Sementara Nahdlatul Ulama terkenal dengan Rukyat. Sayangnya, di kalangan Muhammadiyah belum banyak kader yang berminat mendalami ilmu ini. Hal itu menimbulkan kesan adanya taqlid kepada Majelis Tarjih dalam persoalan hisab rukyat. Oleh sebab itu, ada baiknya Majelis Tarjih lebih giat mensosialisasikan ilmu hisab rukyat, misalnya dengan membuat buku tuntunan yang bisa dijadikan pegangan bagi warga dan pimpinan Muhammadiyah di semua tingkat

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com